Entah mengapa akhir-akhir ini minat saya untuk menulis makin naik dan semakin naik setiap harinya. ok kalian boleh menyimpulkan kalau akhir-akhir ini saya lagi gabut, ok fine, kalian boleh berpendapat, negara ini menjunjung tinggi kebebasan berpendapat kok šŸ˜›

Selain itu saya juga mulai menemukan kesenangan tersendiri tentang masalah akademik yang dulunya ya bodo amat (mungkin juga karena yang satu ini sesuai dengan minat jadi ga seperti waktu SMA yang harus belajar ini itu termasuk pelajaran yang tidak saya inginkan sekalipun), serius. Dulunya saya lebih aktif dibagian non akademik, tapi karena berbagai macam pengalaman-pengalaman yang pernah saya alami misal UN yang begitulah, ga lulus SNM dan SBM (to the point banget ?). Sayang banget kan? Pada akhirnya pengalaman-pengalaman tersebut menyadarkan saya, mengajarkan saya untukĀ menyeimbangkan keduanya, keduanya itu berkaitan lho rek, jadi jangan disepelekan salah satunya. Kenapa ga dari dulu ya? ya itulah proses šŸ™‚Ā Ga harus seimbang, karena porsi setiap orang berbeda, tapi minimalĀ kalian mempunyai tujuan dan keyakian yang kuat, jangan cuma ikut arus, itu sudah lebih dari cukup šŸ˜‰

Ingat gaes

Pengalaman adalah guru yang terbaik, tidak hanya terbaik tapi terbaek

Kenapa dengan ini?

Impian untuk menulis blog sudah ada sejak pertama kalinya mengenal blog, yaitu sekitar tahun 2011an. Wew pada saat itu lagi booming-boomingnya CMS sebelah kita sebut saja Blogger. Sebenarnya blog ini sudah ada sejak lama, akan tetapi isinya yang lebih kepada dokumentasi-dokumentasi tentang pemrogramman (mau di share juga ga masalah, palingan juga ga ngerti wkwk šŸ˜† , tapi akan berbahaya jika salah satu dari kalian ada yang paham, hehe).Ā Dulu awal niatnya karena ingin berbagiĀ eksperimen, proyek-proyek yang pernah saya lakukan, bingung juga cocoknya diisi apa lagi, ingin berbagi tentang sekolah (akademik) tapi saat itu saya juga ga fokus sama akademik wkwk ?. Selain itu juga sebagai backup data misal terjadi apa-apa dengan si levi ?. Tapi ada perasaan sayang ketika hal tersebut dibagikan secara cuma-cuma, maka content dari blog ini saya jadikan privat, beberapa orang saja yang memiliki aksesnya. Buat kalian yang ingin berburu harta karun di blog ini, saya persilakanĀ ?

Ketika ditanya “apakah ini blog saya?”, cukup bingung untuk menjawabnya, jawabnya “bisa ya bisa bukan”, karena ketika saya jawab ya, buktinya tidak ada isinya yang dapat dibaca, dan ketika saya jawab bukan, sebenarnya ada isinya akan tetapi memang sengaja dibikin privat.

Nah mumpung ini lagi suasana libur UTS maka saya gunakan untuk memindah isi dari blog ini ke GitHub yaitu sebuah online repository atau version control (agak berat bahasanya ya) dan kemudian merombak isi dari blog ini. Jadi karena sub-domain blog.triqadafi.com yang ingin saya pakai sebagai blog (bener-bener blog) sekalian migrasi ke GitHub.

Harapannya?

Harapan saya adalah bisa berbagi pengetahuanĀ tentang dunia perkuliahan, jadi bukan tentang cerita sehari hari, mungkin juga diisi beberapa tetang pengalaman. Oh iya sebagai peringatan buat kalian yang aktif mungkin suka untuk share cerita terutama cerita sehari-hari apalagi curhatan, saya sarankan jangan memakai fasilitas seperti ini karena bersifat publik yang artinya siapapun itu bisa mengetahuinya. Bisa juga disebut sebagai sisi negatif dari blogging, seperti yang dikutip dari wikipedia

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi – blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya.

Kenapa saya setuju dengan itu? jawabnya adalah karena saya sendiri juga pernah menjadi bagian dari mereka (hati-hati aja wkwkĀ ?).Ā Jadi jika kalian ingin menulis “sesuatu yang berkaitan langsung dengan diri kalian” lebih baik ikuti rules di forum H2H khususnya SFTH (yang kaskus addict pasti paham) wkwk… iya serius.

BAB IV: PENUTUP

Elah kayak nulis laporan aja šŸ˜† Pada dasarnya blogging itu merupakan kegiatan yang positif, mengapa? karena dengan blogging kalian bisa mengetahui perkembangan kalian, baik itu pola pikir, cara menulis, bagaimana cara kalian mengulas permasalahan kalian dan banyak lagi yang dapat kalian ketahui dari tulisan-tulisan kalian.Ā Jadi buat kalian yang ingin memulai blogging silakan. tapi saran saya dibikin privat saja jika itu memang sesuai sikon diatas. Jika untuk mengulas masalah-masalah yang bersifat umum, bisa kalian bagikan secara publik, selain dapat berbagi pengalaman, kalian juga dapat bertukar pendapat dengan orang lain šŸ˜‰

Banyak sekali manfaatnya termasuk mempermudah kalian untuk menulis skripsi, apalagi laporan wkwk šŸ˜† tapi tetap perhatikan sisi negatifnya ya, jadi gunakan dengan bijak šŸ™‚

OK, itulah beberapa dari saya,

Terimakasih, see you šŸ˜€