Ada kalanya kita ingin apa yang ditampilkan di layar laptop/PC bisa juga dilihat oleh orang lain misalnya dengan menggunakan proyektor. Nah tapi apakah disetiap kondisi itu pasti ada proyektor? Tidak kan?¬†ūüė¨¬†Pakai Google Hangout om… Yap benar sekali kalian dapat berbagi layar dengan Google Hangout (Buat yang¬†belum mengerti¬†bisa cek “ScreenShare dengan Hangouts“). Hmm tapi apakah setiap kondisi tersebut ada koneksi internet yang cukup stabil? Tidak kan?¬†ūüėĀ Bah terus gimana? Gak usah bingung begitu lah wkwkwk kan ada ScreenCast¬†ūüėú

ScreenCast merupakan aplikasi windows yang dapat digunakan untuk berbagi¬†layar monitor. Aplikasi ini dapat bekerja secara offline lho… Jadi yang kalian perlukan hanya sebuah laptop yang ingin layarnya diproyeksikan ke yang lain dan beberapa¬†laptop untuk menampilkannya. Sttt… gak harus laptop kok, kalian dapat juga menggunakan smartphone untuk menampilkannya. Wahahaha… Langsung saja ke tutorialnya ya

Download

Sebelum memulai download aplikasi ScreenCast dulu dan extract di laptop yang ingin layarnya dibagikan

http://triqadafi.com/ScreenCast

Extract kemudian ikuti langkah selanjutnya

Connect

Hubungkan laptop tersebut dan laptop-laptop lainnya ke WiFi yang sama. Kalian juga dapat menggunakan smartphone kalian.

Tips!: Buat kalian yang tidak mempunyai jaringan WiFi, jangan sedih gitu lah, manfaatkan fitur Hotspot di laptop atau smartphone! Intinya harus satu jaringan WiFi ya,  ga peduli mau lelet atau cepet tidak berpengaruh yoi.

Run

Jalankan aplikasi FI_ScreenCast.exe maka akan muncul alamat IP kalian. Jika belum, tekan tombol Perbarui hingga muncul. Jika sudah tekan tombol Mulai. Dan jika baru pertama kali menjalankan aplikasi ini pilih menu Firewall kemudian pilih Allow.

Join

Last, tinggal tulis alamat IP yang didapat pada software ScreenCast ke browser dari laptop lain atau smartphone. Enter dan taraaa….

Throubleshoot!

Jika mengalami masalah misalnya perangkat lain tidak dapat terhubung ke alamat IP yang berwarna biru itu klik menu Firewall kemudian pilih Allow lagi. Tunggu beberapa saat kemudian coba hubungkan lagi.

Nah jika kalian menemui masalah bisa hubungi saya lewat chatbox dipojok kanan bawa, atau bisa juga DM dan chat okai. Buat yang punya kritik dan sarah silahkan…

 

Semoga bermanfaat,